SUKSES MENGELOLA WARUNG PADANG

Friday, March 7, 2008 | Labels: | |

Panduan Sukses Mendirikan dan Mengelola Rumah Makan Padang
Penulis: Chairina R, Genta P., dan Lastya A.
Jumlah halaman: vi+102 hlm
Ukuran: 17,5 X 24 Cm
Tahun terbit: 2008
Penerbit: Transmedia Pustaka
ISBN: 979-799-056-7


Di semua kota besar ataupun kecil di Indonesia, dengan mudah rumah makan padang bisa kita temui. Maka tak heran jika ada pepatah ini, "Di mana bumi di pijak, di sana ada rumah makan padang."

Bisnis rumah makan padang memang banyak didominasi oleh orang asli Padang. Tak heran, selain dikenal ahli berdagang, orang Padang memiliki tradisi merantau yang kuat. Nah, sembari merantau, orang Padang mencari rizki dari berdagang, tak terkecuali bisnis warung makan. Namun, saat ini bisnis warung makanan Padang tidak melulu didominasi orang asli Padang.

Seperti halnya warteg yang banyak penggemarnya, makanan Padang pun banyak diminati. Tengoklah menjelang pukul 12 siang, para pekerja kantoran berjubel memenuhi warung-warung makan Padang. Tak hanya siang, saat jam makan malam pun ramai.

Kekhasan dari bumbu rendang dan kuah santan yang membuat lahap saat makan adalah salah satu daya tarik dari masakan Padang. Tak hanya soal pedas dan kemantapan dari sambal Padang, beragam jenis masakan pun dengan gampang bisa kita dapatkan. Ayam pop, ayam bakar, ayam goreng, kikil, paru, lele, cumi, ikan emas, dan banyak lagi, terlihat bertumpuk di balik etalase rumah makan padang. Inilah salah satu jurus untuk mengundang orang berselera makan: memajang makanan.

Sebenarnya apa saja rahasia dibalik kesuksesan dari bisnis rumah makan padang?
Pertama adalah soal konsisten dan fokus menjalani bisnis ini. Tengoklah rumah makan Awak Juo yang telah berdiri selama 30 tahun di Jalan Ciputat. Dari modal awal sepuluh juta, rumah makan tersebut saat ini telah memiliki lima cabang yang tersebar di Jakarta Pusat. Dengan jeli memilih tempat, mengutamakan rasa makanan, tempat harus bersih, dan mempekerjakan juru masak yang andal dan pengalaman adalah saran yang diberikan pemilik Rumah Makan Awak Juo.

Kedua, penentuan lokasi yang tepat. Kejelian memilih tempat bisa diukur dengan kedekatan dengan perkantoran, kampus, pertokoan, rumah sakit, hotel, dan lainnya. Rahasia lainnya adalah soal rasa dan kekuatan pada bumbu. Nah, beberapa sarat membangun kesuksesan bisnis rumah makan selengkapnya bisa Anda simak dalam buku Panduan Sukses Mendirikan dan Mengelola Rumah Makan Padang. Buku ini disusun oleh Chairina R., Genta P, dan Lastya A dan diterbitkan oleh TransMedia Pustaka. Simak pula beberapa profil rumah makan dari kelas menengah hingga kelas wahid seperti Rumah Makan Natrabu yang menjadi langganan Istana Negara untuk menjamu presiden.

Selamat melirik peluang bisnis rumah makan padang!
Sumber dari sini

0 comments: